Selasa, 09 November 2010

Transportasi Darat

First Capital Connect train at Parkway station

Bandar udara ini terletak beberapa mil dari motorway M1, yang berdiri di selatan menuju London, utara menuju Leeds dan menghubungkan motorway M25. Terdapat sebuah lapangan parkir berjangka pendek yang berdekatan dengan terminal, bersama dengan parkiran mobil berjangka panjang dan sedang di barat dan timur terminal dan dihubungkan dengan terminal oleh bus shuttle. Pemesanan tempat parkir juga tersedia dari beberapa operator independen.

Sebuah stasiun kereta api, Luton Airport Parkway, dibangun untuk melayani bandar udara itu. Stasiun tersebut dilayani oleh Midland Main Line, dengan layanan menuju London St Pancras dan ke utara, dan oleh First Capital Connect, dengan layanan menuju Bedford, St Albans, London, Wimbledon, Sutton, Bandar Udara London Gatwick dan Brighton. Sebuah bus shuttle gratis menghubungkan stasiun dengan bandar udara, dalam jarak sekitar satu mil.[24] Terdapat rencana untuk menggantikan bus shuttle dengan sebuah sistem bus transit.

Bus lokal menghubungkan Bandar Udara Luton dengan pusat kota Luton dan sekitarnya. Layanan bus menuju London dioperasikan oleh Green Line Coaches dan easyBus (dengan layanan menuju London Victoria). National Express menghubungkan bandar udara dengan kota lainnya di England tengah dan utara
[sunting] Maskapai Penerbangan dan Kota Tujuan

Luton sekarang merupakan hub besar bagi beberapa maskapai bertarif rendah, dengan penerbangan terjadwal menuju beberapa kota di Eropa. Penerbangan charter mencakup 8% dari lalu lintas udara di bandar udara itu.

Bandar udara ini juga merupakan pusat bagi jet bisnis, dengan basis penerbangan eksekutif oleh Harrods Aviation, bagian dari grup sebuah pusat perbelanjaan Harrods di London. Bandar udara ini dilayani oleh maskapai kargo

0 komentar:

Posting Komentar