Jumat, 15 Januari 2010

mxpx band

Band Punk MXPX, 13 Januari 2008 Konser di Jakarta


RASANYA tahun 2008 nanti, bakal jadi tahun yang 'meledak-ledak' di dunia musik. Pasalnya, sederetan band-band metal, punk, heavy metal dan sejenisnya bakal menyambangi Indonesia untuk menggelar konser. Hal ini tentu menyenangkan untuk scene musik di Indonesia.

Salah satu yang sudah dipastikan bakal menggelar konser di Indonesia adalah band punk bernama MxPX. Band ini bakal menggelar konsernya di Hall Basket Senayan, Minggu 13 Januari 2008 mendatang dalam rangkaian turnya yang diberi titel 'SECRET WEAPON TOUR 2008'.

LianMIPRO yang mendatangkan band Amerika Serikat ini mematok harga tiket Pre Sale : Rp 100.000,- dan D-Day : Rp 150.000,-. Konsernya sendiri bakal digelar mulai pukul 16.) WIB sampai selesai.

Ngomong-ngomong, siapa MxPX ini? Ada yang mengatakan band ini adalah punk-christian. Tapi seperti yang mereka katakan, "We're not a Christian band, but we're Christians in a band".


Awal Mula Berdiri
MxPx sudah menjadi inspirasi (thought provoking) bagi banyak orang terutama kawula muda yang gemar aliran punk. Band yang sudah menghasilkan 12 Album dalam 9 tahun ini dibentuk tahun 1993 di Bremerton, Washington oleh tiga orang punkers, Mike Herrera (vokal/bass), Yuri Ruley (drum) dan Andy (gitaris pertama MxPx) yang waktu itu masih SMU.

Kesukaan Andy pada kaus bermotif kotak-kotak menjadi inspirasi nama band mereka, Magnified Plaid - sebenarnya mereka pun tidak menyukai nama ini hingga mereka singkat menjadi M.P. Tapi di tangan Yuri yang juga menjabat sebagai disainer dari poster/flyer konser awal mereka, nama ini berubah jadi MxPx yang bertahan sampai sekarang.

Waktu anak muda seusia mereka baru punya SIM, mereka sudah merilis debut album mereka, 'Pokinatcha' di bawah Tooth and Nail Records (disingkat T&N Records), yang dengan cepat menjadi album best-seller Tooth and Nail tahun 1995. Tapi setelah debut album mereka keluar, karena beberapa hal, posisi Andy digantikan oleh Tom Wisniewski. Formasi Tom dan Yuri ternyata klop banget dalam bermusik-mungkin salah satu alasannya karena Tom sempat menjadi drummer selama setahun, dalam band lain.

Lewat 'Pokinatcha', MxPx menjadi terkenal di komunitas skate/surf dan punk underground yang dengan cepat diikuti oleh 'Teenage Politics' dengan hit single-nya "Teenage Politics". Tidak lama kemudian mereka diwisuda (SMU) dan hanya 2 hari setelahnya MxPx, pergi tur keliling AS pertama.

Jalan menuju sukses di pasar sekuler sebenarnya terbuka ketika album ke-5 'Life In General' dirilis tahun 1996, ketika label sekuler A&M Records tertarik dan kemudian bekerjasama dengan Tooth and Nail Records merilis ulang album tersebut. Album ini menghasilkan klip "Chick Magnet" yang sering diputar di MTV dan membawa MxPx tur dengan band-band seperti Rancid, Bad Religion dan NOFX.

Bahkan album ini juga dirilis oleh label Indonesia, jadi kalo kamu jeli mungkin bisa cari di toko-toko kaset sekuler. Kenyataannya, hampir semua album mereka sudah beredar secara underground (penjual kaset di pinggir jalan) di Indonesia. Kini, di album ke-12 dan terbaru, 'Before Everything and After', MxPx bergabung sepenuhnya dengan A&M Records. Dengan dukungan dana dan promosi yang kuat dari label besar ini, kita berharap mereka bisa tampil mencapai prestasi puncak di dunia musik sekuler.

'Before Everything and After' ditangani oleh produser Dave Jerden (Jane's Addiction, Alice In Chains, Offspring) dan dimixing oleh duo Tom Lord-Chris Lord Aige. Kali ini MxPx menunjukkan mereka bisa jadi benar-benar pop. Nama-nama seperti Benji Madden dari Good Charlotte, Jordan pundik dari New Found Glory, dan Kris Roe dari The Ataris juga ikut menyumbangkan suaranya di beberapa lagu.

Bila dibandingkan dengan Band Punk tersohor seperti Green Day, musik punk MxPx bisa dibilang masih pure (murni). Hentakan musik punknya lebih kasar, loud dan cepat. Kalau kamu doyan teriak-teriak dengan tempo cepat, nggak ada salahnya punya kaset MxPx. Selain liriknya membumi, musiknya juga banyak yang enak didengar. Jangan salah, ada juga loh lagu mereka yang nge-punk tapi melodinya slow

0 komentar:

Posting Komentar